Jodoh Rajawali

Cerita silat online serial Bu Kek Siansu karya kho ping hoo episode jodoh rajawali

Jodoh Rajawali merupakan episode ke 9 dari rangkaian cerita silat mandarin serial Bu-kek Sian-su karya Kho Ping Hoo. Jodoh Rajawali adalah lanjutan langsung dari Kisah Sepasang Rajawali.


Kaisar pertama yang bertahta di Kerajaan Ceng-tiauw, yaitu kerajaan penjajah Mancu yang menguasai Tiongkok, merupakan kaisar yang sampai puluhan tahun lamanya bisa mempertahankan kedudukannya, mengatasi banyak pemberontakan serta perebutan kekuasaan. Kaisar tua ini mulai bertahta dalam tahun 1663 dan dapat mempertahankan kedudukannya ini selama lima puluh sembilan tahun!

Pada awal tahun 1700 terjadilah pemberontakan yang dilakukan dua orang pangeran kakak beradik, yaitu Pangeran Liong Bin Ong dan Pangeran Liong Khi Ong, adik-adik tiri kaisar pertama itu, yaitu Kaisar Kang Hsi. Dua orang pangeran yang mencoba untuk berkhianat terhadap kaisar itu melakukan pemberontakan yang nyaris menggulingkan kedudukan kaisar, atau sedikitnya telah menggegerkan kota raja.

Akan tetapi akhirnya berkat bantuan para menteri dan panglima yang setia, apa lagi karena bantuan Puteri Milana yang terkenal gagah perkasa dan pandai, pemberontakan itu dapat digagalkan, bahkan dua orang pangeran pengkhianat itu dapat ditewaskan. Akan tetapi, pemberontakan ini dengan segala akibatnya menggores hati kaisar yang sudah tua itu.

Oleh karena, pertama dia merasa kecewa dan terkejut melihat kenyataan betapa dua orang adik tiri yang dipercayanya itu betul-betul melakukan pemberontakan terhadapnya. Kedua, melihat bahwa dia terpaksa membiarkan dua orang adiknya itu tewas. Dan ketiga, perpecahan-perpecahan yang diakibatkan oleh pemberontakan itu di antara ponggawa dan pembantunya.

Lima tahun telah lewat sejak pemberontakan itu dapat ditumpas. Akan tetapi, walau pun pemberontakan sudah dapat dipadamkan dan dua orang pangeran tua itu telah tewas, peristiwa itu mengakibatkan perpecahan di kalangan atas dan mengakibatkan timbulnya sikap curiga-mencurigai di antara mereka, mempunyai pengaruh besar terhadap para pembesar atasan yang mempengaruhi pula para anak buah mereka dan terasa pula ketegangan-ketegangan yang timbul di antara kelompok satu dan kelompok lainnya sehingga rakyat pun merasa gelisah.

Peristiwa itu banyak mengurangi kedaulatan dan wibawa Kaisar Kang Hsi. Kaisar tua itu tidak kuat lagi mengendalikan kemudi pemerintahannya yang mulai dilanda gelombang perpecahan itu. Beberapa raja-raja muda, gubernur-gubernur dan panglima-panglima komandan barisan di perbatasan yang menguasai daerah propinsi yang jauh letaknya dari kota raja, sedikit demi sedikit dan secara halus tidak menyolok mulai memisahkan diri dari pusat...


Cerita Silat Mandarin Serial Bu-kek Sian-su Karya Kho Ping Hoo
Daftar Pengarang
Jodoh Rajawali Jilid 01
Jodoh Rajawali Jilid 02
Jodoh Rajawali Jilid 03
Jodoh Rajawali Jilid 04
Jodoh Rajawali Jilid 05
Jodoh Rajawali Jilid 06
Jodoh Rajawali Jilid 07
Jodoh Rajawali Jilid 08
Jodoh Rajawali Jilid 09
Jodoh Rajawali Jilid 10
Jodoh Rajawali Jilid 11
Jodoh Rajawali Jilid 12
Jodoh Rajawali Jilid 13
Jodoh Rajawali Jilid 14
Jodoh Rajawali Jilid 15
Jodoh Rajawali Jilid 16
Jodoh Rajawali Jilid 17
Jodoh Rajawali Jilid 18
Jodoh Rajawali Jilid 19
Jodoh Rajawali Jilid 20
Jodoh Rajawali Jilid 21
Jodoh Rajawali Jilid 22
Jodoh Rajawali Jilid 23
Jodoh Rajawali Jilid 24
Jodoh Rajawali Jilid 25
Jodoh Rajawali Jilid 26
Jodoh Rajawali Jilid 27
Jodoh Rajawali Jilid 28
Jodoh Rajawali Jilid 29
Jodoh Rajawali Jilid 30
Jodoh Rajawali Jilid 31
Jodoh Rajawali Jilid 32
Selanjutnya seri ke 10
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.