Kisah Para Pendekar Pulau Es

Cerita silat online serial Bu Kek Siansu Episodekisah para pendekar pulau es karya Kho Ping Hoo

Kisah Para Pendekar Pulau Es merupakan seri ke 11 dari rangkaian cerita silat mandarin serial Bu-kek Sian-su karya Kho Ping Hoo. Kisah ini adalah lanjutan langsung dari Suling Emas Naga Siluman.

Cerita Silat Mandarin Serial Bu-kek Sian-su Karya Kho Ping Hoo

KAISAR Kian Liong atau Chien Lung merupakan kaisar Kerajaan Ceng-tiauw (Mancu) yang paling terkenal dan paling besar sepanjang sejarah Bangsa Mancu, semenjak bangsa yang tadinya dianggap bangsa liar di utara itu menguasai Tiongkok mulai tahun 1644.

Kaisar Kian Liong adalah seorang kaisar yang telah terkenal semenjak dia masih menjadi pangeran, dihormati dan dikagumi oleh rakyat dari semua lapisan, bahkan dicinta oleh para pendekar karena pangeran itu memang berjiwa gagah perkasa, mencinta rakyat jelata, adil dan bijaksana.

Oleh karena itu, setelah dia diangkat menjadi kaisar dalam tahun 1735, pada waktu itu dia baru berusia sembilan belas tahun, boleh dibilang seluruh rakyat mendukungnya. Biar pun dia juga seorang Bangsa Mancu, namun cara hidupnya, sikapnya dan jalan pikirannya adalah seorang Han tulen.

Baru saja dia memerintah selama lima tahun, sudah nampak kemajuan-kemajuan pesat dalam pemerintahannya. Pemberontakan-pemberontakan rakyat padam dan kehidupan rakyat mulai makmur. Taraf kehidupan rakyat kecil terangkat dan rakyat mulai mengenal pembesar dan pejabat sebagai bapak-bapak pelindung, bukan sebagai pemeras dan penindas seperti di waktu-waktu yang lampau.

Tidak mungkin seorang manusia dapat bertindak tanpa ada yang menentangnya. Kalau seorang kaisar bertindak bijaksana terhadap rakyat, melindungi rakyat, secara otomatis dia harus menentang penindasan, harus menentang pembesar-pembesar yang korup dan yang menindas rakyat. Sebaliknya, kalau seorang kaisar berpihak pada penindasan dan korupsi, tentu saja berarti dia pun menjadi penindas rakyat.

Dalam hal pertama, dengan sendirinya kaisar akan ditentang oleh mereka yang merasa dirugikan oleh keadilan kaisar yang tentu saja dapat ditegakkan dengan kekerasan. Dia akan ditentang oleh para koruptor yang merasa terhalang dan terhenti sumber kemuliaannya. Sebaliknya, menindas rakyat tentu akan menghadapi pemberontakan di sana-sini.

Akan tetapi, ternyata Kaisar Kian Liong yang muda itu memilih untuk menjadi pelindung rakyat dan menghadapi para koruptor dan penindas dengan kekerasan dan keadilan. Inilah yang membuat rakyat mendukungnya dan para pendekar di empat penjuru juga mendukungnya.

Kenyataan ini yang membuat pemerintahannya menjadi kuat. Sejarah menyatakan bahwa dengan dukungan rakyat jelata, pemerintah akan menjadi kuat, sebaliknya kalau ditentang rakyat, hanya mengandalkan bala tentara saja, pemerintah akan menjadi rapuh.

Kaisar Kian Liong pada waktu itu, kurang lebih tahun 1740, setelah lima tahun dia menjadi kaisar, seakan merupakan bintang yang mengeluarkan sinar terang. Sinarnya menerangi hati rakyat sampai jauh ke pelosok-pelosok, bahkan sinar itu terasa sekali di tempat yang terpencil sekali pun, seperti di Pulau Es.

Pulau Es adalah sebuah pulau terpencil jauh di utara, sebuah pulau di antara ribuan pulau kecil yang berserakan di sekitar Lautan Kuning, Lautan Timur dan Lautan Jepang. Pulau Es ini merupakan pulau rahasia dan jarang ada manusia yang tahu di mana letaknya yang tepat, jarang pula ada yang pernah menyaksikannya, apalagi mendarat di sana.

Akan tetapi namanya sudah terkenal sekali, terutama di kalangan para pendekar di dunia kang-ouw. Bahkan Pulau Es menjadi semacam dongeng bagi mereka, menjadi semacam nama yang mereka kagumi, hormati, akan tetapi juga takuti.

Siapakah orangnya yang tidak segan dan gentar mendengar nama Pulau Es, yang menjadi tempat Istana Pulau Es dengan penghuninya Pendekar Super Sakti atau juga Pendekar Siluman, majikan Pulau Es? Pendekar ini yang namanya Suma Han, memiliki kesaktian seperti dewa dalam dongeng, pernah menggegerkan dunia kang-ouw dan karena dia merupakan seorang pendekar sejati yang bijaksana dan budiman, maka dia dipuja-puja oleh para pendekar sebagai seorang datuk yang dikagumi.

Para pembaca dari cerita-cerita terdahulu yang menjadi serial dari kisah mengenai Pulau Es tentu telah mengenal siapa itu Pendekar Super Sakti Suma Han yang hidup dengan tenteram dan tenang di Pulau Es bersama kedua orang isterinya yang tercinta....


Daftar Pengarang
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 01
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 02
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 03
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 04
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 05
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 06
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 07
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 08
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 09
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 10
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 11
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 12
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 13
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 14
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 15
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 16
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 17
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 18
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 19
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 20
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 21
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 22
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 23
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 24
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 25
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 26
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 27
Kisah Para Pendekar Pulau Es Jilid 28
Selanjutnya seri ke 12
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.